Allah… sebuah lidah saja “pembahasannya” luar biasa

Democritus membuat perumusan lebih jauh, yakni kaitan antara jiwa dan atom. Menurutnya, jiwa juga terdiri dari atom-atom. Proses pengenalan manusia tidak lain sebagai interaksi antara atom-atom. Setiap benda mengeluarkan eidola (gambaran-gambaran kecil yang terdiri dari atom-atom dan berbentuk seperti benda itu). (yang menjadikan atom sendok berbentuk sendok atau atom2 buku menadi bentuk bukukah??) kalau begitu, jika atom2 ini terurai maka sendok hanyalah persepsi) Eidola ini masuk ke dalam pancaindra dan disalurkan ke dalam jiwa yang juga terdiri dari atom-atom. Manusia dapat melihat karena atom-atomnya bersentuhan dengan atom-atom eidola lain. Kualitas-kualitas seperti manis, pahit, panas, dingin, dan sebagainya, semuanya bersifat kuantitatif belaka. Atom jiwa yang bersentuhan dengan atom licin menyebabkan rasa manis, persentuhan dengan atom kesat menimbulka rasa pahit, sedangkan jika bersentuhan dengan atom berkecepatan tinggi mengakibatkan rasa panas dan seterusnya.

Nah pak Demokritus, lalu bagaimana proses dari atom-atom itu sehingga lidah manusia dapat mengecap perbedaan rasa di dunia. Bahkan dengan menutup mata kita dapat mengecap rasa khas tiap sambal. Sambal oncom, sambal terasi, sambal bajak, sambal tomat dll. Atom2 apakah yang bersentuhan?

Fabiayyialaairabbikumaa tukadzibaan….

Bahkan didalam sebuah sambal manusia masih bisa merasakan oh ini ada bawang, oh ini terasi, oh ini tomat.. atom2 apa sajakah yang bersentuhan sehingga
muncul rasa-rasa itu?

Fabiayyialaairabbikumaa tukadzibaan…

Baiklah, di lidah ada 4 pengecap rasa utama, manis, pahit, asam, asin. Apakah penempatan letak pengecapan itu (kenapa manis di depan pahit dibelakang dan asin serta asam di samping) disesuaikan dengan letak setiap atom. Exp. Atom kesat dibelakang, atom licin di depan. Begitukah??

Fenomena apa ini?!

Allah… sebuah lidah saja “pembahasannya” luar biasa. Hanya sebuah lidah!

Fabiayyialairabbikuma tukadziban…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNDAK USUK BASA SUNDA

Psikologi Transpersonal, Agama dan Being Transpersonal

A story (Cinta Sejati Air dan Api)